Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Tema :
Belajar Mendeskripsikan
Sub Tema : Telaah
Model Teks Deskripsi
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Alokasi Waktu : 6 JP (3 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Mengidentifikasi informasi
dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
3.2
Menelaah struktur dan unsur
kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat
bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1
Menentukan ciri umum teks
deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2
Menentukan ciri teks
deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3
Menentukan jenis teks
deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
3.2.1
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
3.2.2
Menentukan bagian
identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.2.3
Menentukan variasi pola
pengembangan teks deskripsi
3.2.4
Menelaah bagian struktur yang
sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.2.5
Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
|
4.1
Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
4
4.1
4.2 Menyajikan data,
gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis
dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara
lisan dan tulis.
|
4.1.1
Memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya)
4.1.2
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.2
4.2.1
Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.2.2
Menulis teks deskripsi dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/ tanda baca/ejaan
4.2.3
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara
televisi mendeskripsikan objek
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menentukan
ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang
dibaca/didengar.
2.
Menentukan
ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.
Menentukan
jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Merinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi
2.
Menentukan
bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menentukan
variasi pola pengembangan teks deskripsi
2.
Menelaah
bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
3.
Menentukan
dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan
Fokus nilai-nilai
sikap
1.
Peduli
2.
Jujur
berkarya
3.
Tanggung
jawab
4.
Toleran
5.
Kerjasama
6.
Proaktif
7.
kreatif
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Ø Lagu
Nasional ‘Rayuan Pulau Kelapa’
b. Konsep
Ø
Pengertianteks deskripsi, Isi teksdeskripsi, Ciri
umu teks deskripsi
c. Prinsip
Ø Struktur
Teks Deskripsi dan Kaidah kebahasaan
d. Prosedur
Ø Menyusun
Teks deskripsi
2.
Materi pembelajaran remedial
a.
Kalimat Berisi Penjelasan
Terperinci untuk Mengonkretkan
b.
Menggunakan Pilihan Kata dengan
Emosi Kuat
c.
Mengidentifikasi Majas
3.
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Ciri objek yang dideskripsikan
b.
Tujuan menciptakan teks deskripsi
c.
Ciri isi teks deskripsi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
G.
Sumber
Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:
Religius)
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.
·
Mengingatkan kembali materi prasyaratdengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
KEGIATAN LITERASI
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 1 Tentang Parang Tritis nan Indah:
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 2 Tentang Ayah, Panutanku
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 3 Tentang Ibu, Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta
Mengamati Teks Deskripsi Tema 4 Sibagas, Kelinciku
Ø
Peserta didik diminta mengamatitentang model- model teks deskripsi.
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Mendengar
Peserta didik diminta mendenganrkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang :Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan,
dan Isi Teks Deskripsiyang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø
Apa ciri teks deskripsi dari
segi tujuan dan objek yangdideskripsikan? (Hot)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik
diminta mengumpulkan data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik
diminta mencari data Informasi tentang Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta membuat daftar hal yang dideskripsikan dari
keempat teks, Judul Parang tritis nan Indah, Ayah Panutanku, Ibu
Inspirasiku, Sibagas Kelinci kecilku Pada halaman 3 s-d 5
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta membaca materi
tentang Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Parang tritis nan Indah
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Ayah, Panutanku
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Ibu, Inspirasiku
Ø
Peserta didik diminta membaca
tentang Sibagas, Kelinciku
o Mendiskusikan
Ø
Pesertadidik diminta
mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri teks deskripsi dari segi isi dan
tujuan teks deskripsi!
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok:Tentang ciri objek yang dideskripsikan
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok:Tentang tujuan menciptakan teks deskripsi
Ø
Peserta didik diminta
mendiskusikan dalam kelompok: Tentang ciri isi teks deskripsi
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi
Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks
Deskripsi
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan
tertulis tentangMengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
o Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan denganobjek-objek di
Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum,taman
nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal
harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa
tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:
Religius)
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
§
Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
KEGIATAN LITERASI
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati
tentang Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengongkritkan
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
Ø
Peserta didik diminta untuk
mengamati tentang Mengidentifikasi Majas
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks
Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
o Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø
Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada
Teks Deskripsi
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang :Mengidentifikasi
Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Sebutkan ciri-ciri Teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa? (Hot)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
o
Mencari informasi
tentang :
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta didik diminta mencari data Informasi
tentang Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
o Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta membuat daftar kalimat perincian yang menjelaskan
kalimat lain yang lebih umum,
Ø Peserta didik diminta membuat daftar semua kalimat yang membuat kamu
seakan melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø
Peserta didik diminta untuk membaca tentang Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Ø
Peserta
didik diminta untuk membaca tentang Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi
o Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang jenis teks
deskripsi ditinjau dari bentuknya
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang tulis
dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya
sebagai sebuah jenis teks
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri
penggunaan kata pada teks deskripsi
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam kelompok: Tentang Ciri
Penggunaan Kalimat pada teks deskripsi
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang: Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Mengidentifikasi
Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa pada Teks
Deskripsi
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan
tertulis tentangMengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi dan Mendaftar Ciri Penggunaan
Bahasa pada Teks Deskripsi Menjawab
pertanyaan yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
o Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan denganobjek-objek di
Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum,taman
nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal
harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa
tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 (2 x 40 menit )
|
Waktu
|
v
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK:
Religius)
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya.yaitu
Ø
Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
§
Mengidentifikasi Ciri Objek,
Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
·
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang,
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan
Teks 2
v
Menyampaikan tujuan pembelajaranpada pertemuan yang berlangsungMengajukan
pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan
tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|
10
menit
|
v Kegiatan Inti
KEGIATAN LITERASI
Pesertadidik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 1 tentang Pesona
Pantai Senggigi
Ø Peserta didik diminta untuk mengamati tentang Teks 2 tentang Gebyar
Pementasan Tari Kolosal Ariah
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), :peserta didik diminta untuk membaca materi tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
o Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan
oleh guru tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
o Menyimak
Penjelasan pengantar yang di sampaikan oleh guru secara global tentang
Ø Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
|
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang :Menentukan Isi
Teks Deskripsi, Menentukan Perincian
Informasi pada Teks Deskripsi dan Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2yang tidak dipahami dari apa
yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misalnya :
Ø Apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut? (Hot)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o
Menggunakan alat dan bahan (eksperiment),
o
Mengamati obyek/kejadian,
o
Mendemontrasikan tentang
o
Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Membandingkan Isi
Teks 1 dan Teks 2
o
Mencari informasi
tentang :
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Menentukan Isi Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang menentukan Perincian Informasi pada Teks Deskripsi
Ø Peserta didik diminta mengumpulkan data
Informasi tentang Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
o Aktivitas:
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Perbedaan
Teks 1 dan Teks 2pada buku siswa
pada halaman 17
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan Persamaan
Teks 1 dan Teks 2 pada buku sisw pada halaman 17
o
Wawancara dengan nara sumber
o
Membaca sumber lain selain buku teks,
o
Membaca :
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 1
tentang Pesona Pantai Senggigi
Ø Peserta didik diminta untuk membaca Teks 2
tentang Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah
o Mendiskusikan
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Persamaan Teks 1 dan Teks 2
Ø Peserta didik diminta mendiskusikan dalam
kelompok: Tentang Perbedaan Teks 1 dan Teks 2
o
Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o
Saling tukar informasi tentang:Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks
1 dan Teks 2dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baruyang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang datayang
sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam menyimpulkan: Menentukan
Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o Mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas tentang : Menentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupalaporan
tertulis tentangMenentukan Isi Teks Deskripsi, Menentukan Perincian Informasi pada Teks
Deskripsi dan Membandingkan Isi Teks 1 dan Teks 2Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau
guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
o Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
60
menit
|
v Penutup
Pesertadidik :
o Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan
pekerjaan rumah.
o Mengagendakan
materi yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
Ø Peserta
didik diminta membaca buku yang berkaitan denganobjek-objek di
Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum,taman
nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal
harianberikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa
tanggung jawab,dan kejujuran dalam melakukan tugas.
Guru :
o Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesa ilangsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
|
10
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian
diri
3)
Penilaian
antarteman
b.
Pengetahuan
1.
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1) Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
1)
Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
2)
Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
© Kalimat Berisi Penjelasan
Terperinci untuk Mengonkretkan
© Menggunakan Pilihan Kata dengan
Emosi Kuat
© Mengidentifikasi Majas
b.
Pengayaan
1)
Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
2)
Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
3)
Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
© Ciri objek yang dideskripsikan
© Tujuan menciptakan teks deskripsi
© Ciri isi teks deskripsi
Mengetahui, Kota
Bandung, … Juli 2019
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Kota
Basndung
NIP NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar